Sat11222014

Last update07:25:14 PM

Lintas Jabar

Tol Cisumdawu diprioritaskan

TUBAGUS ISMAIL, (GM)- Untuk mengurangi beban lalu lintas di Cadas Pangeran, PT Jasa Sarana memprioritaskan pembangunan jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) untuk jalur Rancakalong-Sumedang. "Pada pembangunan Tol Cisumdawu tahap 2, kita akan memprioritaskan jalur Rancakalong-Sumedang, sehingga hal tersebut bisa mengurangi beban yang terjadi di Cadas Pangeran," kata Direktur Utama PT Jasa Sarana, Soko Sandy Buono kepada wartawan di aula kantor PT Jasa Sarana, Kamis (15/9).

Dikatakan, Jasa Sarana saat ini tengah melakukan percepatan pembangunan pada proyek jalan Tol Cisumdawu tahap 2, yaitu Rancakalong-Sumedang. Pembebasan lahan sepanjang 17,5 km tersebut diharapkan bisa diselesaikan pada tahun 2012 sehingga bisa dioperasikan pada tahun 2013. Terlebih saat ini progresnya sudah mencapai 48 persen.

"Perusahaan telah menyiapkan dana Rp 300 miliar untuk pembebasan lahan. Dalam hal ini ada bank asing yang menyokong kebutuhan dana. Dana itu rencananya akan dialokasikan untuk pembebasan lahan juga untuk konstruksi jalan tol," katanya.

Dalam percepatan pembebasan lahan, lanjut Soko, perusahaan berkoordinasi lebih intensif dengan Pemkab Sumedang dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumedang. Koordinasi hingga saat ini terus dilakukan.

"Pada pembangunan jalan Tol Cisumdawu memang perlu ada percepatan, sehingga bisa mendorong perekonomian," katanya. Sementara itu, lanjutnya, progres pembebasan lahan seksi satu, yaitu Cileunyi-Rancakalong sudah mencapai 27%. Bahkan saat ini sudah dibuka akses jalan yang menuju jalur tol tersebut.

"Kita harapkan jalur Tol Cisumdawu dengan panjang jalur 57 km ini bisa mulai dioperasikan pada 2014, seiring dengan pembangunan Bandara Kertajati Majalengka," katanya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Sumedang, Taufiq Gunawansyah mengatakan, pihaknya memang terus melakukan koordinasi dengan PT Jasa Sarana terkait dengan percepatan pembangunan jalan Tol Cisumdawu. "Kita terus memantau perkembangannya, karena pembangunaan jalan Tol Cisumdawu akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan perekonomian di Kabupaten Sumedang," katanya.

Menurutnya, Tol Cisumdawu akan menjadi akses bagi pertumbuhan Kabupaten Sumedang. Sehingga, hal tersebut pun perlu disiapkan oleh semua pihak. Terlebih Kabupaten Sumedang memiliki potensi besar untuk ditawarkan.

"Sumedang harus memiliki daya tarik tersendiri, sehingga nantinya bisa menjadi salah satu lokasi tujuan wisata. Apalagi Sumedang memiliki potensi wisata yang cukup besar, seperti halnya Kerajaan Sumedang Larang dan lainnya, termasuk dengan geotermalnya," katanya. (B.99)

Sumber: Harian Galamedia - Jum'at, 16 September 2011

AddThis Social Bookmark Button